Sabtu, 12 November 2011

Rpp Sistem Indera


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas
Mata Kuliah Microteching






Disusun Oleh:
RIMA RIZQIA (1209206057)
PENDIDIKAN BIOLOGI B/V







FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
SUNAN GUNUNG DJATI
BANDUNG
2011









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan                  : SMAN 1 Telagasari
Mata Pelajaran                        : Biologi
Kelas / Semester                     : XI / II ( Dua )
Materi                                      : Alat Indra 
Alokasi Waktu                        : 2 X 45 menit ( 1 x pertemuan )
                             

Standar Kompetensi :     Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan                                                                                                tertentu, kelainan/ penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada salingtemas

Kompetensi Dasar:          Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi dan proses      serta kelainan/ penyakit yang dapat terjadi pada sistem regulasi manusia (saraf, endoktrin, dan  pengindraan)

Tujuan Pembelajaran:        
     Setelah pembelajaran selesai diharapkan siswa dapat :
1.      Menjelaskan lima macam alat indra pada tubuh manusia berdasarkan struktur, fungsi,proses serta kelainan/penyakit
2.      Menjelaskan reseptor pada mata, telinga, hidung, lidah, dan kulit
3.      Menggambarkan mata, telinga, hidung, lidah, dan kulit
4.      Menjelaskan bagian-bagian pada mata, telinga, hidung, lidah, dan kulit beserta fungsinya

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

Materi Pembelajaran :                      Alat indra

Metode Pembelajaran:                     Ekspositori (ceramah), diskusi, tanya jawab
   


Langkah-langkah Kegiatan:

Ø  Pendahuluan
.     Motivasi dan apersepsi
      -     Mengapa kita memberikan respon saat di sentuh atau di panggil?
      -     Mengapa kita bisa mencium bau makanan di dapur?
.     Prasyarat pengetahuan
      -     Apakah yang dimaksud dengan alat indera?
      -     Alat indera apa saja yang ada dalam tubuh manusia?
     

Ø  Kegiatan Inti :
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Menjelaskan macam-macam alat indera pada tubuh manusia
F  Menjelaskan fungsi alat indera pada tubuh manusia.
F  Menjelaskan bagian bagian alat indera
F  Menjelaskan gangguan alat indera.
Elaborasi
F Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis
F Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok
F Menumbuhkan rasa percaya diri peserta didik
F Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna
Konfirmasi
F Memberikan umpan balik positif dan penguatan bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik
F Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber juga memperkuat hasil diskusi yang benar sesuai dengan tujuan pembelajaran
F Mempasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan
F Membantu menyelesaikan masalah
F Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif

Ø  Kegiatan penutup
F Bersama-sama dengan peserta didik membuat rangkuman atau simpulan pelajaran
F Melakukan penilaian atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram
      
Sumber belajar:
ü  Buku paket Biologi SMA kls XI, D.A. Pratiwi dkk, Erlangga,2006
ü  Internet
ü  Alat : Kertas, laptop/komputer
ü  Media :Gambar











 Penilaian Hasil Belajar

Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·          Memahami macam-macam reseptor dalam tubuh  manusia  


            
·           Memahami rangsangan dari luar yaitu Eksteroseptor


Tes tulis






Tes tulis
Tes Isian






Tes Isian
Alat indera apa saja yang ada dalam tubuh manusia sebutkan dengan fungsinya?




Bagaimana poses saat kita mencium bau makanan?
                                                                                    



 Bandung,    31 Oktober 2011

                 Mengetahui                                                                     
          Dosen Pembimbing                                                               Praktikan





        Sumiyati Sa’adah, M.SI.                                                     Rima Rizqia
                                                                                          



                                                                                             
   
               













Tidak ada komentar:

Posting Komentar